Wednesday 31 July 2013

Hubungan Otak Dengan Pikiran

Biopsikologi Manusia

          



Biopsikologi adlah ilmu yang mempelajari mekanisme perilaku dan penglaman dari sisi fisiologis, evolusi serta perkembangan. Istilah Biopsikologi memiliki makna yang sama dengan psikologis, psikologi, dan neurosains perilaku. istilah Biopsikologi memberi tekanan bahwa tujuan akhirnya adalah mengaitkan antara topik-topik biologi dengan psikologi sebagai bidang studi, neurosains banyak mengandung konsep-konsep yang berkaitan dengan perilaku .




         Di bidang studi tersebut pun banyak terkandung detail-detail yang berkaitan dengan anatomi dan kimia.sebagian besar pembahasan di dalam biopsikologi terpusat pada fungsi otak. di ilustrasikan otak dari sisi atas (ahli anatomi akan menyebut dengan sisi dorsal) dan sisi bawah (sisi ventral).

lebel pada gambar tersebut menunjukkan beberapa area penting pada otak yang nantinya akan anda pahamilebih jauh.

Pada tingkat mikroskopis, kita akan menemukan adanya sua tipe sel, yaitu: neuron dan glia.
Neuron adalah sel saraf yang berperan dalam penerusan informasi antara neuron dan ke otot serta kelenjar. Neuron memiliki beragam bentuk, ukuran serta fungsi. glia secra umum ukurannya lebih kecil daripada neuron, yang memiliki fungsi yang beragam, tetapi glia tidak meneruskan informasidengan jarak yang sangat jauh. kerja neuron dan glia "entah bagaimana" dapat menimbulkan begitu banyak ragam perilaku dan pengalaman.

Biopsikologi adalah topik paling menarik di dunia, itulah pernyataan yang pastinya ada di pikiran para profesor dan penulis di bidang ini. tapi memang benar, Biopsikologi memang topik yang paling menarik. ketika saya serius mengemukakan pernyataan ini di sekelompok mahasiswa, mereka hanya tertawa. Lain hanya ketika pernyataan ini saya kemukakan di hadapan sekelompok ahli biopsikologi ataupun neurosains, mereka semua justru mengangguk tanda setuju.

 

Memang menghafal nama dan fungsi bagian otak serta senyawa kimia terdengar sangat membosankan, tetapi yang saya maksud di sini adalah topik-topik yang dibahas dalam biopsikologi, memang yang berisi hal-hal ynag sangat menarik bagi siapapun yang ingin tahu lebih jauh lagi mengenai alam(J.K.kalat. 2010)


No comments:

Post a Comment