Sunday 15 July 2012

Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh


Buah kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem (keluarga Arecaceae dari genus Phoenix). Buah kurma yang mempunyai nama ilmiah dactylifera phoenix diyakini berasal dari tanah yang berada di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang ini pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah yang beriklim hangat di semua benua, termasuk di afrika, australia, dan amerika.
Buah kurma segar memiliki daging yang berserat lembut dan rasanya sangat manis seperti campuran sirup, gula, dan madu. daging buah kurma memiliki kandungan gula alami seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna tubuh dan cepat mengisi ulang energi tubuh, karena itu buah kurma sangat cocok untuk mengawali saat berbuka puasa.


Kandungan Gizi Buah Kurma
Buah kurma memiliki daftar panjang kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti tabel di atas yang menunjukkan kandungan gizi dan non-gizi yang ada pada buah kurma. Buah kurma matang mengandung gula sekitar 80%, dan sisanya terdiri dari protein, lemak, dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium, dan asam folat. Buah kurma kaya akan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. 5 butir buah kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, yang hampir semuanya dari karbohidrat.

Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh
  1. Kaum Arab Badui, yang makan buah kurma secara teratur menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya akan serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus.
  3. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  4. Sebagai makanan laksatif, buah kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  5. Buah kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin, Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik.
  6. Buah kurma adalah sumber vitamin A yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang mengandung kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  7. Buah kurma merupakan sumber zat besi yang baik, Zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  8. Kalium dalam buah kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  9. Buah kurma juga memiliki kandungan kalsium yang merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  10. Mangan yang terdapat dalam buah kurma digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  11. Sedangkan tembaga dalam buah kurma diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  12. Magnesium juga sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  13. Buah kurma juga kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu pridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin K juga sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.
Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi tubuh yang juga dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk mengawali saat berbuka puasa dengan memakan 3 butir buah kurma.

No comments:

Post a Comment