Wednesday 25 July 2012

Menurunkan Berat Badan Dengan Buah Kolang Kaling

Menurunkan berat badan dengan buah kolang kaling. Kolang kaling? siapa sich yang gak tau buah kolang kaling. Buah kolang kaling biasanya disajikan pada saat bulan ramadhan atau bulan puasa untuk berbuka puasa seperti untuk membuat Es Kolang Kaling. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah memberikan Resep Minuman Es Kolang Kaling, gak cuma kesegaran saja yang diberikan buah kolang kaling pada tubuh kita. Buah kolang kaling ini juga mempunyai banyak manfaat seperti membantu menurunkan berat badan. Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat buah kolang kaling, alangkah baiknya bila kita lebih mengetahui atau mengenal apa itu buah kolang kaling.


Buah Kolang Kaling

Buah kolang kaling adalah hasil olahan perebusan endosperm biji buah aren yang masih muda. Buah kolang kaling ini sebenarnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah kolang kaling yang memiliki kadar air tinggi ini, diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah, dan bisa bikin gatal-gatal. Pohon aren mirip seperti pohon kelapa tapi lebih terlihat kotor karena terbalut ijuk. Pohon aren yang mempunyai nama latin arenga pinnata ini tumbuh di indonesia sampai ke china, dan biasanya tumbuh di daerah yang tingginya 250 - 1.400 meter di atas permukaan air laut.

Pada saat buah masih muda dengan kulit luarnya masih berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang lembek dan berwarna bening. kulitnya berwarna kuning dan tipis, dan bentuk bijinya lonjong. Biji muda inilah yang dinamakan kolang kaling. Untuk menghasilkan kolang kaling, buah aren ini terlebih dahulu harus dibakar hingga hangus atau direbus beberapa jam. Setelah sebelumnya direndam dengan air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun.

Manfaat Buah Kolang Kaling

Dalam 100 gram kolang kaling terkandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1,0 gram dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air dalam kolang kaling relatif sangat tinggi yakni mencapai 94%, sehingga kolang kaling terasa segar saat dikonsumsi.

Kadar gelatin yang dimiliki kolang kaling juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan menurunkan konsumsi makanan sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Serat kolang kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas. Mengkonsumsi kolang kaling secara rutin, terutama pada bulan puasa ini sudah merupakan diet yang gampang sekaligus menyehatkan. Jadi bila kamu ingin menurunkan berat badan, bisa menggunakan kolang kaling ini sebagai makanan rutin untuk setiap berbuka puasa.

Semoga artikel Menurunkan Berat Badan Dengan Buah Kolang Kaling ini bermanfaat..

No comments:

Post a Comment